Kamis, 25 Juli 2013

klasifikasi kelapa sawit

Klasifikasi kelapa sawit


  •  Klasifikasi  



     Tanaman kelapa sawit (Elaeis guinensis jacq) termasuk dalam:
Divisi                              : Embryophyta Siphonagama
Kelas                              : Angiospermae 
Ordo                               : Monocotyledonae
Family                            : Arecaceae
Subdivisi                        : Cocoideae
Genus                             : Elaeis

   

   Elaeis berasal dari kata Elion ynag berarti minyak. Sedangkan Guineensis adalah nama spesies yang menunjukkan bahwa penemu Jacquin menemukannya di pantai Guenea.Spesies yang merupakan turunan dari Elaeis adalah E.oleifera dan E.odora.Elaeis guineensis jacq merupakan tanaman yang internodusnya pendek.Dimana terdapat duri- duri (pine) pada pangkal daun dan buahnya.Letak pelepah yang tumbuh tidak teratur pada batang tanaman ini semakin menambah karakteristik tanaman tersebut.
   Pada tanaman kelapa sawit yang normal biasanya akan tumbuh bunga jantan dan betina yang akan melakukan penyerbukan secara alami dengan bantuan angin atau serangga penyerbuk.Buah kelapa sawit tersusun rapat pada tandan bunga.apabila matang atau siap panen akan berwarana kemerahan.
   Pengelompokan tanaman kelapa sawit berdasarkan tebal cangkang pada buah ada dua jenis yaitu dura dan tenera.selain itu juga ada buah yang terlihat berbeda dari luar nya yaitu nigrenses dan buah yang berwarna hijau virenses.Pengelompokan tanaman dengan buah seperti ini di sebut dengan psifera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar